Makna Logo SKKK

Pada tahun 2021, Sekolah Kristen Kalam Kudus menggunakan sebuah logo baru yang terdiri dari beberapa elemen, yaitu:

  • Perisai,
  • Lambang salib,
  • Alkitab dan
  • Nama sekolah Kalam Kudus yang juga muncul dalam bentuk singkatan KK. 

Logo ini terdiri dari dua warna, yaitu: biru dan merah.

Warna Biru 

Warna Biru melambangkan langit dan bumi. Warna ini digunakan dalam logo SKKK untuk menunjukkan bahwa SKKK hadir di dalam dunia yang Tuhan telah ciptakan untuk menghasilkan murid-murid yang memiliki wawasan yang luas dan menjadi garam dan terang bagi dunianya. 

Warna Merah

Warna merah melambangkan darah. Warna merah dalam kekristenan merupakan sesuatu yang penting. Warna ini menunjuk kepada darah. Dalam perjanjian lama, secara khusus dalam peristiwa Paskah, darah melambangkan keselamatan. Demikian juga dalam perjanjian baru, darah Anak Domba Allah yang dicurahkan di atas kayu salib menghasilkan penebusan (Ef. 1:7), pendamaian (Kol. 1:20) dan pembenaran (Rm. 5:9) bagi kehidupan umat pilihan Allah. 

Perisai 

Perisai merupakan metafora dari iman, di mana salah satu unsur iman adalah pengetahuan (notitia). Pendidikan yang diberikan dalam SKKK adalah pendidikan yang terintegrasi dengan firman Tuhan yang adalah Alkitab, sehingga melalui pendidikan yang diberikan, murid-murid SKKK mengetahui apa yang dipercayainya. 

Lambang Salib 

Salib menunjuk pada tindakan penebusan (redemption) yang Yesus Kristus telah lakukan. Tindakan penebusan ini membawa gambar dan rupa Allah yang telah rusak dapat dipulihkan untuk semakin hari semakin serupa dengan Yesus Kristus, gambar Allah yang sulung. Melalui penebusan Kristus, setiap stakeholder dalam SKKK semakin hari semakin serupa dengan Yesus Kristus, gambar Allah yang sulung tersebut.

Alkitab

Selain lambang salib, ada lambang Alkitab. Dalam menjalankan sebuah kegiatannya, semua stakeholder SKKK menjadikan Alkitab, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru sebagai dasar dan landasannya.

Tulisan Kalam Kudus dan singkatannya dalam dua huruf, yaitu KK 

KK menunjukkan identitas sekolah. Tulisan Kalam Kudus ditulis dalam sebuah pita berwarna merah yang berarti bahwa setiap unit SKKK dipersatukan oleh sebuah ikatan persaudaraan dalam tubuh Kristus. Ikatan persaudaraan ini yang membuat SKKK menjadi kuat dan dapat memberikan dampak nyata bagi dunia pendidikan.