SKKK Jakarta Gelar Workshop Backward Design: Assessment and Learning Experience

Jakarta, SKKKJAKARTA.SCH.ID – Sekolah Kristen Kalam Kudus Jakarta gelar workshop Assessment dan Learning Experience, Sabtu (07/01/2023).

Kegiatan bertempat di aula utama gedung GKKK Kosambi Baru, Jakarta. Diikuti guru-guru SKKK Jakarta unit Tangkilio, Green Garden, Kosambi Baru, Alam Raya. Sementara unit Pangkalpinang mengikuti via zoom meeting.

Kegiatan dibuka dengan renungan yang disampaikan oleh Bapak Yosi, Badan Pengurus Yayasan Kalam Kudus Jakarta. Dilanjutkan doa syafaat dipimpin oleh Bapak Serius Lugu.

Hadir sebagai pembicara, Bapak Apriyanto selaku Kepala Bagian Akademik Sekolah Kristen Kalam Kudus Jakarta.

Workshop dibagi tiga sesi, yakni Backward Design – Assessment & Learning Experience, Kerja kelompok & Gallery View, Presentasi, Q&A, Penutupan.

Kerja kelompok dilaksanakan di kelas-kelas sesuai mata pelajaran dan jenjang. Kegiatan meliputi duduk sesuai kelompok, setiap kelompok akan menerima 2 (dua) kertas dan 1 (satu) spidol, pilih salah satu KD atau CP, membuat desain pembelajaran dengan menggunakan Backward Desain, tempelkan di kaca depan dengan lem “glue tack” yang disediakan, foto hasilnya pekerjaan dan kumpulkan pada link, gallery view, melalukan refleksi, membawa hasil desain dan berkumpul di aula kembali.

Yang dikerjakan pada lembar kerja, yakni Format bebas, Isi, Established Goals, Transfer Goal, Tujuan Pembelajaran, Contoh penilaian yang dilakukan dengan rubriknya, Desain aktivitas pembelajaran.

Kemudian setelah makan siang kembali ke aula dan kegiatan dilanjutkan presentasi dan tanya jawab.

Workshop ini sebagai pembekalan dan persiapan masuk semester genap tahun pelajaran 2022/2023.

Sebelum workshop ditutup diselipkan pengantar rencana pembentukan koperasi guru dan karyawan SKKK Jakarta. Pengantar disampaikan oleh Bapak Daniel Suyatno dan Bapak Amozi Zai yang berpengalaman mengelola koperasi.

Serba-serbi Workshop

Avatar photo
Matius Mardani
Articles: 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *