Ibadah Guru dan Karyawan SKKK Jakarta: Mengapa Manusia Tahu?

Jakarta, SKKKJAKARTA.SCH.ID –  Ibadah rutin Guru dan Karyawan Sekolah Kristen Kalam Jakarta sebulan sekali pada tiap minggu kedua, kali ini bertempat di Gereja Kristen Kalam Kudus Kosambi Baru, Jakarta Barat, untuk yang Unit-unit di Jakarta sementara SKKK Pangkalpinang melalui zoom meeting, Jumat (14/10/2022).

Ibadah dipimpin oleh Pdt. Kaston Sinaga. Singer: Ibu Sebastiana Harefa, Mardiana Zebua, dan Jose. Pemusik: Serius Lugu, Enerry Musa, dan Dolfi. Doa pembukaan oleh Ibu Diana Umbas.

Kesaksian dari Miss. Rani (guru TK SKKK Jakarta, Unit Kosambi Baru) bagaimana Tuhan menolong anaknya yang sedang sakit sehingga anaknya sembuh. Puji Tuhan saat ini sudah mulai pulih dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Pujian Seperti Rusa yang Haus mengantar jemaat mempersiapkan hati untuk mendengarkan firman Tuhan yang dibawakan oleh Bapak Wimpi Salim dengan tema: Mengapa Manusia Tahu?

Mengapa manusia tahu? tetapi mengapa binatang tidak tahu? Manusia diberikan akal budi sementara binatang tidak. Manusia dicipta serupa dan segambar dengan Allah. Mirip Allah. Allah pencipta, mari kita mencipta manusia serupa dan segambar dengan Allah. Ini perbedaan paling hakiki antara manusia dengan binatang. Apa yang dilihat, didengar, tetapi tidak bisa diolah menjadi sesuatu (con. teori) binatang tidak bisa melakukan itu, hanya manusia yang bisa. Selain itu, manusia kemampuan rasio dan akal budi yakni kreativitas.

Manusia punya hati nurasi, perasaan, moral dan etika. Ini salah, ini benar. Manusia dicipta untuk menggambarkan Allah karena ini manusia tahu mana yang baik mana yang salah, mana yang suci dan mana yang kotor. Bahkan manusia menciptakan dirinya dimasa yang akan datang (kloning) meskipun hal ini bertentangan dengan iman Kristen. Tetapi poin pentingnya bahwa manusia memiliki keistimewaan yang diberikan kemampuan sedemikian rupa oleh Allah yang berbeda dari ciptaan yang lain.

Maka di gereja ada katekisasi untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada manusia tentang keberadaan Allah, Manusia, dan alam semesta. Manusia diberi kemampuan untuk tahu. Semua yang kita nikmati semua itu dari Allah dan sumber dari Allah. Sumber kebijaksanaan dan pengetahuan termasuk manusia diberi kesempatan untuk merasa, mengalami, mengolah, mengukur, membentuk, memahami, dan menaklukkan bumi dan isinya.

Sebelum ibadah ditutup ada beberapa hal yang disampaikan terkait kepengurusan di manajemen SKKK Jakarta. Per-Oktober 2022 SKKK Jakarta tidak lagi ada Direktur Pelaksanan karena jabatan Dirpel tidak sesuai dengan kondisi SKKK Jakarta yang terdiri dari lima Unit, yakni Tangkilio-Mangga Besar, Green Garden, Kosambi Baru, Pangkalpinang, dan Alam Raya- Tangerang.

Sementara itu, Bapak Drs. Daniel Suyatno, M.M. yang sudah selesai masa kerjanya sebagai Direktur Pelaksana di SKKK Jakarta akan menjadi penasihat.

Oleh karena itu, di SKKK Jakarta tiap unit akan dipimpin oleh Koordinator Lokasi (Korlok). Berikut Koordinator Lokasi SKKK Jakarta: Unit Tangkilio oleh Bapak Yauming, Unit Green Garden oleh Bapak Apriyanto, Unit Kosambi Baru oleh Bapak Darwin Zega, Unit Pangkalpinang oleh Bapak O’oziduhu Halawa, dan Unit Alam Raya oleh Ibu Diana Umbas.

Doa persembahan dan syafaat oleh GI. Darwin Zega. Doa Berkat oleh Bapak Wimpi Salim.

Sampai jumpa pada ibadah bulan berikutnya. Tuhan Yesus Memberkati.

Avatar photo
Matius Mardani
Articles: 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *