Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAS 2 KKK Jakarta: Menulis Berita Pada Kegiatan Open House

Jakarta, SKKKJAKARTA.SCH.ID –  Pertemuan perdana ekstrakurikuler jurnalistik di SMAS 2 Kristen Kalam Kudus Jakarta untuk tahun ajaran 2023-2024, Rabu (30/08/2023). Semangat jurnalisme membara di dalam ruang perpustakaan, tempat kami berkumpul.

Terdapat partisipasi 9 siswa dari kelas 10 dan 11 yang bergabung dalam kegiatan ini: Reuben Irniandi, Kornelius, Erine Nataniel Wijaya, Andrew Gilbert, Marvin Jonatan, Faith Mikhael, Davin Gilbert, Jessica Angeline Fo, Sharon Melinda Yuliandra.

Antusiasme siswa-siswi yang bergabung sangat terlihat, mereka antusias untuk menerima materi yang disajikan pada hari ini. Setelah pembukaan singkat, kami segera memasuki inti dari pembelajaran, yaitu kemampuan dalam menulis berita yang informatif dan menarik. Kami juga fokus pada cara mengarahkan perhatian pada peristiwa dan lokasi yang ada di Sekolah Kristen Kalam Kudus Jakarta, khususnya unit Kosambi Baru.

Meskipun menulis berita terkadang dianggap sebagai tugas yang sederhana – hanya mencantumkan fakta-fakta dari sebuah peristiwa namun kenyataannya, hal ini jauh lebih kompleks. Dibutuhkan keahlian khusus dalam merangkai kata dengan pilihan diksi yang tepat. Kemampuan untuk menggali informasi secara mendalam juga menjadi kunci, begitu pun dengan kemampuan memilah fakta-fakta yang relevan dari peristiwa yang diamati. Siswa-siswi juga diingatkan akan pentingnya memahami bahwa tujuan utama dari jurnalisme adalah menyampaikan informasi secara objektif dan akurat.

Pada sesi kali ini, perhatian diberikan pada cara mengumpulkan informasi terkait acara “open house”. Materi memberikan panduan tentang hal-hal apa yang sebaiknya dicakup dalam sebuah berita. Siswa-siswi diajarkan bahwa langkah pertama bagi seorang jurnalis adalah memiliki rangkaian acara yang jelas. Detail seperti pembukaan acara, sambutan, dan penampilan khusus menjadi titik fokus yang perlu diangkat dalam tulisan mereka. Dengan memperhatikan elemen-elemen sederhana ini, informasi yang disajikan akan lebih mudah dicerna oleh para pembaca.

Tidak hanya sampai di situ, tetapi siswa-siswi juga diajarkan bagaimana cara mempublikasikan berita melalui situs web sekolah. Mereka dibekali dengan keterampilan dasar dalam memposting berita menggunakan akun pribadi masing-masing dan melakukan editing sederhana dengan menggunakan alat yang disediakan dalam menu posting.

Siswa-siswi yang bergabung dalam tim jurnalistik SMAS 2 Kristen Kalam Kudus Jakarta patut mendapat pujian khusus. Semangat dan komitmen mereka dalam mengasah keterampilan menulis, terutama dalam bidang jurnalisme, sangat luar biasa. Peran penting jurnalisme dalam membentuk pandangan publik membutuhkan individu yang memiliki semangat seperti mereka. Langkah-langkah awal ini akan membekali mereka untuk berkontribusi dalam membentuk pandangan masyarakat di masa depan, dalam dunia yang semakin dipenuhi oleh arus informasi yang terus mengalir.

Ekstrakurikuler jurnalistik ini tak hanya sekadar memberikan pelajaran dalam menulis berita, tetapi juga menanamkan tanggung jawab atas dampak yang timbul dari tulisan-tulisan mereka. Dalam peran mereka sebagai perantara informasi kepada masyarakat, siswa-siswi ini memiliki kesempatan untuk menyajikan cerita-cerita yang bermakna dan bernilai.

Meskipun pertemuan hari ini telah usai, semangat ini akan terus dipelihara dan siap untuk dijalankan saat siswa-siswi menyelesaikan tugas mereka sebagai jurnalis dalam kegaitan “open house” sekolah. Kami sangat menantikan hasil karya mereka, yang akan menjadi sumber informasi yang berharga dan bermakna.

Selain itu, karya-karya ini juga akan membantu membangun citra positif tentang sekolah kami. Kami berharap informasi yang disajikan oleh mereka dapat menarik perhatian orang tua yang mempertimbangkan untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah ini.

Avatar photo
Matius Mardani
Articles: 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *